Hijab for Sisters

12 Istilah untuk Orang yang Hobi Membaca Buku

Istilah untuk orang yang hobi membaca buku

Banyak orang yang sukses karena hobi membaca buku. Banyak pula yang merasa lebih bahagia, lebih tenang, dan lebih bersemangat karena membaca.

“Wah, pasti yang dibaca tuh buku-buku ilmiah, buku bisnis, atau buku self improvement.”

“Pasti waktu sekolah mainnya ke perpustakaan melulu. Dasar kutu buku, sih.”

Ternyata tidak juga, tuh. Ide, ilmu, pengetahuan, semangat, dan semacamnya bisa datang dari jenis buku apa saja. Bisa dari buku ilmiah, self improvement, keterampilan, novel, kumpulan quotes, dan sebagainya.

Mereka juga tidak melulu di perpustakaan. Apalagi zaman sekarang ya, ketika untuk mengakses ribuan buku bisa melalui ponsel saja.

Dan ... kutu buku?

Kutu buku adalah istilah yang lazim dipakai untuk menyebut orang yang sangat gemar membaca. Namun, ada banyak lho istilah lain yang menunjukkan kegemaran membaca buku ini.


Makna Kutu Buku

Frasa “kutu buku” memiliki dua makna, yakni makna denotasi dan makna konotasi.

Dalam makna denotasi (arti sesungguhnya), kutu buku adalah serangga kecil yang bertubuh lunak, berwarna pucat, dan tidak memiliki sayap.

Mengutip dari britannica.com, kutu buku biasa ditemukan di dalam di antara buku, kertas-kertas tua, dan rak yang berdebu.

Dalam makna konotasi (kiasan), kutu buku berarti orang yang sangat gemar belajar dan membaca berbagai jenins buku.

Disebut demikian karena orang-orang kutu buku ini melahap semua buku dengan rakus. Sementara itu, serangga kutu buku melahap kertas sampai habis.

Istilah kutu buku (bookworm) pertama kali muncul secara tertulis pada tahun 1580, yaitu pada masa Ratu Elizabeth I.

sudah lama ada, tetapi tidak sepenuhnya disambut baik oleh mereka yang hobi membaca buku. Duh, serangga perusak buku lho itu! Masa sih mau-mau saja disamakan dengan serangga seperti itu?

Istilah kutu buku juga sering digunakan untuk mengejek orang yang hobi membaca, kuper, tidak modis, dan suka berada di perpustakaan sepanjang hari.

Namun, seperti banyak istilah lain yang mengalami pergeseran makna dari negatif ke positif, begitu juga dengan istilah kutu buku ini.

Meskipun belum semua pehobi membaca buku bisa menerima istilah ini dengan bahagia, tetapi penggunaannya sudah lebih diterima sebagai bukan ejekan.


Istilah untuk Si Hobi Membaca Buku

Membaca buku sambil berbaring.
Seorang librocubicularist. 

Kutu buku bukan satu-satunya sebutan untuk orang yang gemar membaca buku. Meskipun mungkin kalah populer dari kutu buku, ada beberapa istilah lain yang juga bisa digunakan.

Berikut ini beberapa sebutan yang umum digunakan untuk mereka yang mencintai buku dan gemar membaca buku.

1. Booklover

Selain istilah bookworm alias kutu buku, istilah booklover juga sangat umum digunakan. Tak perlu mengerutkan kening untuk tahu maksud dari istilah ini. Yup, si Pencinta Buku.

2. Bookaholic 

Istilah bookaholic juga cukup familier. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan orang yang kecanduan membaca.

Familier juga kan dengan istilah berujung “aholic” lainnya seperti shopaholic dan workaholic?

3. Bibliofil (Bibliophile)

Istilah ini tepat digunakan untuk orang yang sangat mencintai buku. Selain hobi membaca buku, bibliofil juga mengoleksi buku.

Jadi, kalau keluargamu sudah berkomentar “Belanja buku terooooos!”, kemungkinan kamu adalah seorang bibliofil.

4. Book enthusiast 

Istilah ini dapat disematkan pada orang yang sangat antusias pada buku dan aktivitas membaca.

5. Book-bosomed 

Apa yang dimaksud dengan book-bossomed?
Memanfaatkan waktu luang dengan membaca buku.

Istilah ini ditujukan untuk orang yang selalu membawa buku ke mana pun ia pergi. Dengan begitu, ia bisa membaca kapan saja dan di mana saja, termasuk ketika harus berdiri di dalam bus kota atau kereta.

6. Bibliosmia 

Istilah ini berasal dari bahasa Yunani, yang menunjukkan keterkaitan antara penciuman dan ingatan. Istilah bibliosmia digunakan untuk orang yang menyukai aroma khas buku.

Hm ... apakah semua pencinta buku cetak adalah juga bibliosmia? Bagi mereka, kan, aroma khas buku adalah sesuatu yang istimewa dan tak dapat digantikan oleh buku digital.

7. Bibliomania 

Istilah ini berasal dari kata biblio dan mania. Seseorang bisa disebut sebagai bibliomania juga bukan sekadar hobi membaca dan mengoleksi buku, melainkan sudah terobsesi untuk membeli buku lagi dan lagi.

Pertumbuhan jumlah koleksi bukunya seringkali lebih cepat daripada kemampuannya membaca.

8. Bibliotaph 

Pernahkah merasa kesal pada orang yang suka meminjam buku tetapi tidak mengembalikannya? Entah karena hilang atau malas saja mengembalikannya. Kalaupun mengembalikan buku yang dipinjam, kondisinya sudah mengenaskan.

Nah, bibliotaph adalah orang yang suka menyimpan atau menyembunyikan bukunya dengan sangat cermat dan hati-hati.

Tempat persembunyian buku itu dibuat sedemkian rupa agar orang lain susah untuk mengaksesnya. Mereka sangat menyayangi koleksi bukunya dan takut koleksi buku mereka rusak atau bahkan hilang kalau dipinjam oleh orang lain.

9. Bookfluencer 

Istilah ini banyak digunakan seiring dengan maraknya penggunaan media sosial. Bookfluencer adalah orang yang hobi membaca buku dan senang membagikannya di media sosial.

Di Instagram mereka dikenal dengan nama Bookstagramer dan di YouTube mereka disebut dengan istilah Booktuber. Umumnya, bookfluencer memiliki banyak pengikuti (follower).

Dengan menjadi bookfluencer, hobi membaca buku bisa jadi cuan, lho.

10. Lektiofil (Lectiophile) 

Istilah ini digunakan untuk seorang pencinta membaca. Tentu saja maksudnya adalah membaca buku, bukan membaca senyuman di wajahmu.

11. Librocubicularist 

Istilah unik ini jarang digunakan untuk mereka yang hobi membaca buku. Librocubicularist adalah orang yang gemar membaca buku di tempat tidur.

Membaca di tempat tidur memang menyenangkan. Lebih-lebih karena ada banyak manfaat membaca buku sebelum tidur.

12. Tsundoku 

Jangan keliru dengan sudoku, ya, meskipun sama-sama berasal dari kosa kata bahasa Jepang.

Sudoku adalah permainan teka-teki angka. Sementara itu, tsundoku adalah kebiasaan membeli buku tetapi tidak pernah membacanya.

Buku-buku yang dibeli tersebut hanya menumpuk atau menjadi pajangan. Membacanya kapan? Hm ... entahlah.

Penutup

Adakah salah satu istilah di atas yang cocok dengan Teman-teman? Semoga aja tidak ada Teman-teman yang bibliofobia ya, alias merasa takut pada buku dan kegiatan membaca buku.

Teman-teman termasuk yang hobi ngumpulin buku tapi entah kapan bisa membacanya? Tak perlu berkecil hati karena Teman-teman telah berperan aktif menjaga kelangsungan hidup penulis, penerbit, dan para pekerja perbukuan.

Berbicara tentang penulis, salah satu hal yang wajib dilakukan oleh penulis adalah membaca buku. Teman-teman dapat mengetahuinya lebih lanjut dalam artikel Penulis Harus Membaca Buku. Ini Alasannya.

11 komentar

  1. Dulu itu, kalau orang suka membaca buku ya kutu buku ya, Mbak. namun sekarang istilahnya beragam dan lebih spesifik. Untuk saat ini, kayaknya saya masuk ke Booklover, Mbak hehehe.

    BalasHapus
  2. Iya sih. Semua istilah tersebut memang jadi kalah populer sama kutu buku. Aku lebih suka menyebut sebagai book lover atau book enthusiast

    BalasHapus
  3. Saya pernah berada pada fase hobi ngumpulin buku tapi entah kapan bisa membacanya. Lalu menghibahkan buku-buku tersebut setelah decluttering isi rumah. Alhamdulillah meskipun gak ngoleksi buku banyak-banyak, tapi masih suka membaca buku.

    BalasHapus
  4. Kayaknya ada beberapa kategori yang sesuai dengan saya tuh mbak. Suka mencium2 aroma buku, suka baca di tempat tidur, plus suka beli buku yang entah kapan bacanya hehehee..

    BalasHapus
  5. Berarti daku Book-bosomed, karena acap kali baca buku dalam perjalanan. Apalagi kalo bukunya pas yang genre kesukaan, demen banget dah baca dalam perjalanan

    BalasHapus
  6. Booklovers baru satu istilah ini yang paling sering didengar dan diketahui, ternyata ada banyak istilah nih. Perlu dipelajari dan diingat selalu nih.

    BalasHapus
  7. Aaiish!
    Padahal mau bilang, rasanya istilah-istilah ini bisa dijadikan hastag pas posting bacaan terbaru ya.. karena kutu buku uda terlalu tydack slaayy~ hihihi..

    Eh, lalu tertampar dengan si "Tsundoku". Keknya aku kenal....
    Eh, ternyata pas ngomong di depan kaca... Huhuhu....

    BalasHapus
  8. Saya termasuk yang tidak suka sama orang yang pinjem buku terus lupa dibalikin, sekalinya balik bukunya sudah dalam kondisi yang mengenaskan
    .. haduuh

    BalasHapus
  9. Ternyata istilah utk yg suka baca buku tuh banyak bgt deh. Kirain cmn kutu buku doank. Atau bahkan malah disebut nerd krn terkesan aneh. Apalagi kalo suka duduk sendirian, pake kacamata tebal, dan pakaiannya serba klimis dgn baju dimasukkan dlm celana. Haha.

    BalasHapus
  10. Saya merasa sangat relate dengan istilah bibliophile. Membaca buku memang seperti menemukan dunia baru yang tak terbatas, memiliki koleksi buku yang disuka dan lengkap bikin bahagia banget! Jadi pengen bikin challenge buat nyobain jadi semua tipe pembaca yang disebutkan di sini

    BalasHapus
  11. waktu kecil dulu aku kutu buku yang Librocubicularist, sekarang masih suka membaca hanya saja waktunya yang harus berebutan dengan aktivitas lainnya...

    BalasHapus

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.