Hijab for Sisters

Hobi Membaca Buku? Yuk, Ketahui Fakta tentang Buku

Hobi membaca buku

Manfaat membaca buku tak perlu diragukan lagi. Sebelum sampai pada bentuk seperti yang kita kenal sekarang, buku telah melewati perjalanan panjang. Berbagai macam bahan pernah digunakan untuk membuat buku.

Dari tanah liat, kulit kayu, kulit binatang, daun, tulang, sutra, hingga menjadi kertas yang kita kenal sekarang. Perkembangan teknologi kemudian memperkenalkan buku dalam bentuk digital atau biasa kita sebut sebagai e-book.

Bentuk buku menjadi semakin praktis, semakin memudahkan orang yang hendak membaca buku.

Pilihan Membaca Buku

Buku seperti apa yang menjadi pilihan Teman-teman? Apakah buku dalam bentuk cetak atau buku digital?

Well, tak masalah apakah itu buku dalam bentuk cetak atau buku digital. Cetak atau digital hanyalah bentuk. Yang kita serap dan rasakan manfaatnya adalah kata-kata yang tertulis di dalamnya.

Baru menjadi masalah serius jika yang dibaca adalah buku bajakan (dikenal juga dengan sebutan buku kw atau buku non ori).

Bukunya memang tetap bisa dibaca, tetapi tanpa disari kita telah berbuat zalim pada penulis, penerbit, dan para pekerja perbukuan. Hm ... hati-hati. Doa orang terzalimi itu cepat terkabul, lho.

10 Fakta tentang Buku

Dalam sejarah panjang buku, tentu ada fakta-fakta tentang buku yang menarik untuk kita ketahui. Yuk, kita lihat apa saja fakta unik itu.

1. Buku tertua di dunia

Saat ini, buku paling tua yang telah ditemukan adalah Epic of Gilgamesh. Buku yang ditulis di atas batu dalam bahasa Akaida ini berasal dari tahun 2000 SM.

Gilgamesh adalah raja dari Babilonia yang memerintah di kawasan sepanjang Sungai Eufrat (sekarang termasuk wilayah Irak) pada tahun 2700 SM.

Batu tulis ini ditemukan oleh arkeolog pada tahun 1872. Setelah melalui penelitian panjang, bahasa kuno di batu tulis tesebut berhasil diterjemahkan. Epic of Gilgamesh pun kemudian terbit dalam bentuk buku seperti yang kita kenal sekarang.

2. Buku terbesar

Buku yang kita kenal sekarang berukuran standar, sekitar 13x20 cm, 14x21 cm, atau ukuran lain yang umum. Ukuran ini terlihat seperti remahan brownies kalau dibandingkan dengan ukuran buku terbesar di dunia.

Buku terbesar tersebut berjudul This is Muhammad. Buku tentang sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW ini berukuran panjang 5 meter dan lebar 4 meter.

Jangan coba-coba mengangkat buku ini! Buku yang terbuat dari campuran kertas dan kulit berkualitas ini memiliki bobot 1.500 kilogram.

Biaya pembuatan buku ini pun tidak tanggung-tanggung, yaitu mencapai USD 1,323 juta. Kalau dirupiahkan itu berarti sekitar Rp 12 miliar.

3. Buku terkecil

Buku paling kecil di dunia berjudul Teeny Ted from Turnip Town. Buku itu tidak dapat dibaca tanpa alat bantu.

Pasalnya, buku yang terbit tahun 2007 dan hanya dicetak sebanyak 100 eksemplar itu memiliki ukuran yang sangat mini, yatu 0,07 x 0,10 milimeter. Namun, pada Desember 2012 buku Teeny Ted from Turnip diterbitkan dalam ukuran normal.

4. Buku paling tebal

Fakta unik tentang buku
Selalu ada yang menarik tentang buku.

Gyanjivandasji Swami membutuhkan waktu 13,5 tahun untuk menyelesaikan menulis buku Shree Haricharitramrut Sagar.

Buku tersebut tercatat di Guiness Book of Records sebagai buku paling tebal di dunia, yaitu setebal 12.404 halaman. Bobot buku ini mencapai 33 kg.

Sebelum buku tersebut terbit, rekor buku paling tebal di dunia dipegang oleh penulis Indonesia, yaitu Damien Demantra.

Buku karya Damien yang berjudul Obama dan Pluralisme terdiri atas 5.427 halaman. Hebatnya, Demien menulis buku tersebut dalam waktu kurang dari satu tahun.

5. Buku termahal

Harga buku bisa menjadi mahal bukan karena fisiknya, melainkan karena kelangkaan dan sejarahnya.

Ada Resensi punya kenalan yang melepas satu buku sejarah koleksinya dengan harga Rp30 juta. Buku tua lho, itu.

Bagi orang awam, mungkin sama saja seperti buku tua di kios buku bekas atau di tukang rongsokan. Siapa kira harganya ternyata semahal itu.

Namun, buku seharga Rp 30 juta itu tak ada apa-apanya dibandingkan dengan harga buku termahal di dunia.

Codex Leicester adalah buku ilmiah karya Leonardo da Vinci yang ditulis dalam bahasa Italia. Buku setebal 72 halaman tersebut berharga USD 54,4 juta. Dalam rupiah berarti sekitar Rp 810 miliar.

Pemilik buku supermahal itu ternyata satu orang terkaya di dunia, yaitu Bill Gates, yang juga merupakan salah satu tokoh dunia yang hobi membaca buku.

6. Buku terlaris

Di luar kitab suci, buku paling laris di dunia berjudul Quotations from Chairman Mao Tse-Tung

Buku tersebut merupakan kumpulan tulisan dan pidato Mao Tse-Tung. Sebanyak 830 juta eksemplar buku tersebut terjual di seluruh dunia

7. Buku yang bisa dimakan

“Melahap buku” bukan sekadar kiasan lagi jika buku tersebut berjudul The Real Cookbook yang diterbitkan di Jerman.

Buku berisi resep lasagna ini bisa dimasak dan dimakan karena terbuat dari pasta segar.

8. Buku paling misterius

Kios buku bekas

Manuskrip Voynich merupakan buku paling misterius di dunia. Buku setebal 240 halaman ini diperkirakan ditulis pada awal abad ke-15.

Para ahli dari berbagai bidang, termasuk ahli sandi militer dan ahli kriptografi, telah mempelajari buku tersebut tetapi tak ada yang berhasil mengetahui isinya.

Pasalnya, buku tersebut ditulis dalam bahasa yang sangat asing, lengkap dengan gambar-gambar aneh dan simbol-simbol astrologi.

Disebut Manuskrip Voynich bukan karena itu judulnya atau nama penulisnya. Wilfrid Vpynich adalah seorang pedagang buku langka yang merupakan pemilik manuskrip tersebut.

Voynich sendiri mendapatkan manuskrip tersebut setelah memenangkan lelang yang diadakan oleh Ordo Yesuit dari Ghislieri (Italia) tahun 1912.

9. Buku bersampul kulit manusia

Horor! Namun, faktanya memang ada buku yang kavernya terbuat dari kulit manusia.

Buku tersebut berjudul Destines of the Soul. Sampul buku tersebut terbuat dari kulit punggung seorang wanita ODGJ yang meninggal karena stroke.

Buku Destines of the Soul kini tersimpan di Harvard Universty dan telah terbukti secara ilmiah memang menggunakan kulit manusia sebagai sampulnya.

Penutup

Buku ternyata tidak sesederhana yang biasa kita lihat. Saat ini kita terbiasa membaca buku cetak atau digital. Namun, ternyata dalam sejarah panjang buku, ada buku yang bahan pembuatnya di luar nalar.

Kalau mau mengulik, memang ada saja hal menarik seputar buku yang mungkin belum kita ketahui. Nah, dalam artikel selanjutnya Ada Resensi membahas tentang Istilah untuk Orang yang Hobi Membaca Buku.


Referensi

  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/09/18/penulis-indonesia-ternyata-buat-buku-tertebal-sejagat-kalahkan-punya-agatha-christie
  • https://kumparan.com/potongan-nostalgia/epic-of-gilgamesh-karya-tulis-tertua-di-dunia-27431110790544480/full
  • https://www.gadis.co.id/Life/87282/buku-buku-terkecil-di-dunia
  • https://www.idntimes.com/food/dining-guide/reza-iqbal/buku-resep-bisa-dimakan
  • https://nationalgeographic.grid.id/read/134018065/selidik-voynich-manuskrip-paling-misterius-dalam-sejarah-dunia
  • https://kumparan.com/kumparansains/kisah-mengerikan-buku-kuno-bersampul-kulit-manusia-di-perpustakaan-harvard-1umoRKZc3eA/full

14 komentar

  1. Aku paling sebel sama buku yang tebel banget. Mager juga baca buku yang tebal + banyak halaman pastinya. Lebih suka yang gak terlalu tebal. Btw buku cerpen suka banget apalagi soal cerita rakyat, hehehhe


    Cinezone NS

    BalasHapus
  2. Fun fact tentang buku ternyata banyak dan unik-unik, ya. Tapi ada yang mengerikan juga kaya buku yang memakai sampul kulit manusia. Wow.. kek diluar nulur gitu

    BalasHapus
  3. Aku prefer buku cetak lah. Selain baunya bikin candu, aku siwer kalo baca ebook. Eh gila aja ada buki bersampul kulit manusia. Horor banget. Maunya buku yang bisa dimakan aja deh.

    BalasHapus
  4. Wah sejarah buku yang lengkap, jadi tahu saya...paling horor yang terakhir , ternyata ada buku yang kavernya terbuat dari kulit manusia. Hiii, ngeri!

    BalasHapus
  5. Ngeri mbak, kok ada buku yang covernya dari kulit manusia. Itu Demian yang tukang sulap atau bukan mbak?

    BalasHapus
  6. Kok bisa-bisanya ya ada yg kepikiran jadiin kulit manusia jd sampul buku? Hii!
    Buku yg paling tebel jg aku pernah lihat gambarnya, itu buka buku buat bacanya susah banget gak sih

    BalasHapus
  7. Buku sampai belasan ribu halaman gitu trus yang baca gimana yaaa hehehee... Ada-ada saja nih. Beberapa fakta tentang buku ini baru saya ketahui. Thanks untuk informasinya ya.

    BalasHapus
  8. Buku terkecil itu emang kelihatan tulisannya kak? Apa tidak kekecilan ya hurufnya? Jadi penasaran saya

    BalasHapus
  9. bikin saya semakin semangat untuk terus membaca. dari dulu memang saya suudah terbiasa membeli buku dan meluangkan waktu untuk membaca, setelah ditambah informasi dari artikel ini, saya jadi makin sadar betapa berharganya kegiatan membaca. Emang perlu sih untuk menyediakan waktu rutin membaca

    BalasHapus
  10. Kalau aku tetep suka buku cetak sih yang bisa dipegang dan dicium aromanya saat baru dibuka dari plastiknya hehehehe. Ternyata buku memiliki sejarah panjang dan keunikan yang luar biasa. Jadi penasaran dengan fun fact lainnya. Masih ada ngga yah?

    BalasHapus
  11. Saya jadi penasaran itu buku Teeny Ted from Turnip Town isinya apa sih?
    Hehe... Mantap ini informasinya. Jadi banyak tahu berbagai info seputar buku

    BalasHapus
  12. Wih, tambah wawasan banget, nih! Jadi makin sadar betapa di dunia ini buku-buku tuh unik banget yaa~

    BalasHapus
  13. Suka banget baca artikel ini...
    Jadi tau macem2 buku di bumi dari yg mainstream sampe yang bikin shik shak shok hahaha
    Kaya buku resep The Real Cookbook
    Haha kebayang resep lasagnanya bisa dimasak dan dimakan karena terbuat dari pasta segar. Gokil banget bukunya

    BalasHapus

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.