Hijab for Sisters

Harga Busi Motor dan Tips Memilih Busi yang Tepat

Harga busi motor terbaik

Memiliki motor berarti bersedia meluangkan waktu dan menyediakan anggaran khusus untuk merawatnya. Mengetahui berapa harga busi motor, kampas rem, oli, dan sebagainya akan sangat membantu dalam menentukan anggaran.

Merawat motor dengan benar tidak hanya akan memberi kenyamanan saat mengendarainya, tetapi juga memberi keamanan. Baik untuk keamanan diri sendiri, maupun keselamatan orang lain yang sama-sama merupakan pengguna jalan raya.

Misalnya, kampas rem yang tidak pernah diganti dapat mengakibatkan rem blong. Yang bisa celaka bukan pengendaranya, melainkan juga orang lain yang berada di lokasi kejadian.

Bagaimana jika busi motor tidak pernah dicek sehingga tidak ketahuan kondisinya?

Apa Itu Busi dan Apa Fungsinya?

Busi motor merupakan salah satu komponen vital pada sistem mesin motor. Bahkan, kondisi busi dapat menjadi indikator kesehatan mesin motor, apakah baik-baik saja atau ada masalah yang harus segera ditangani.

Meskipun berukuran kecil, fungsi busi motor sangat penting, yaitu:

  1. Menghasilkan percikan api untuk menyalakan campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar mesin. Proses pembakaran ini menghasilkan tenaga sehingga mesin dapat bergerak
  2. Menghantarkan panas dari tempat pembakaran ke sistem pendingin mesin.
  3. Menjadi indikator mesin motor dapat bekerja dengan baik.
  4. Menghemat penggunaan BBM. Jika busi motor sudah aus atau kotor, maka proses pembakaran menjadi tidak efisien dan boros BBM.
  5. Mengurangi risiko kerusakan pada mesin motor.

Agar tetap berfungsi secara optimal, kondisi busi harus rutin diperiksa. Bisa juga berpatokan pada jarak tempuh motor.

Jika sudah aus atau rusak, atau jarak tempuh sudah melebihi 6.000 kilometer, maka busi motor perlu segera diganti.

Tetap memakai busi motor yang sudah rusak akan berdampak buruk pada mesin dan performa motor. Misalnya, motor jadi mudah mogok, mesin motor susah dihidupkan, menyebabkan kerusakan pada komponen mesin lainnya, serta overheating yang akan memperpendek usia mesin.

Tips Memilih Busi Motor

Harga busi motor
Segera ganti busi motor jika kondisinya sudah rusak atau aus.

Di pasaran tersedia banyak pilihan busi motor. Harga busi motor pun bervariasi, tergantung pada merek dan jenisnya.

Berikut ini tips memilih busi agar mendapatkan busi yang terbaik.

1. Pilih busi yang sesuai dengan jenis motor

Berbeda jenis motor, berbeda pula jenis busi yang direkomendasikan. Misalnya berbeda perbedaan ukuran busi dan tipe elektrodanya.

2. Pemakaian motor

Motor yang biasa digunakan untuk rutinitas harian yang kondisi jalannya bagus, bisa menggunakan busi standar.

Adapun motor yang biasa melalui jalanan ekstrim lebih baik menggunakan busi iridium.

3. Pilih merek yang terpercaya

Penganut aliran “merek tidak penting” sepertinya perlu mengubah prinsipnya, minimal untuk urusan busi dan perawatan motor ini.

Busi dari merek-merek terpercaya memiliki kualitas yang terjamin. Jika hendak berganti merek atau ada merek baru yang menawarkan harga lebih miring, sebaiknya cari informasi dan review terlebih dahulu.

4. Keaslian busi

Selalu beli busi yang asli agar kualitas mesin motor tetap optimal. Agar aman, belilah di busi di tempat yang terpercaya seperti Planet Ban.

Planet Ban menyediakan busi motor yang berkualitas dan asli. Harga busi motor di Planet Ban juga tidak memberatkan kantong. Misalnya busi Denso yang dijual dengan harga Rp26.000.

Tak perlu bingung jika tak bisa memasang busi sendiri karena Planet Ban menyediakan jasa pasang busi motor secara gratis.

5. Konsultasi dengan mekanik

Apabila masih ragu memilih busi yang tepat, berkonsultasilah dengan mekanik.

Di Planet Ban, mekanik yang bertugas akan memberikan penjelasan yang dibutuhkan agar konsumen tidak salah memilih busi motor.

Penutup

Sebagai bagian penting dari motor, kondisi busi harus mendapatkan perhatian Apabila sudah melewati jarah tempuh minimal atau kondisi busi sudah tidak bagus lagi, segeralah ganti busi motor dengan yang baru.

Harga busi motor berkualitas sangat murah jika dibandingkan dengan keamanan dan keselamatan saat berkendara. Jadi, pastikan untuk rutin mengganti busi motor, ya.

10 komentar

  1. Busi ini penting sekali, Mbak. Karena kalau kotor saja, maka motor sudah dihidupkan. Makanya saya kalau mau jalan jauh, walau busi belum lama, saya suruh ganti baru saja pas servis. Harganya juga masih relatif terjangkau.

    BalasHapus
  2. Terlihat kecil tapi fungsinya penting busi ini ya...Kadang terlupa untuk rutin menggantinya. Padahal akan memengaruhi keamanan dan keselamatan kita saat berkendara. Terima kasih reminder-nya...

    BalasHapus
  3. harga busi ini murah tapi fungsinya sangat vital ya?
    Itu pun businya orisinil
    dan saya yakin biaya perawatan sepeda motor lebih murah dibanding biaya kalo sepeda motor itu rusak
    Jadi saya paham ketika anak saya bawa sepeda motor ke Planet Ban secara rutin

    BalasHapus
  4. Planet Ban makin lengkap, ya. Sekarang ga cuma jualan ban atau ganti oli, juga sedia spare-part motor seperti busi.

    BalasHapus
  5. Aku engga paham soal mesin motor. Tetapi suka diceritain suami, kalau busi motor kotor, jadi motor sulit distart. Ternyata harganya juga engga mahal yah, tapi fungsinya penting banget.

    BalasHapus
  6. Kesehatan onderdil kendaraan memang wajib diperhatikan ya. Gak cuma berhubungan dengan kenyamanan saat dipakai tapi juga tentang keamanannya. Merawat secara berkala, rutin, dan pas, biasanya akan membuat kendaraan kita juga lebih awet serta tahan lama.

    BalasHapus
  7. Pemilihan busi yang tepat bisa berpengaruh pada kesehatan mesin kendaraan ya. Oleh karenanya memang perlu nih yang punya motor apik buat berkala servis motornya

    BalasHapus
  8. Oh. Ak kira semua busi itu sama. Ternyata harus sesuai jenis motor ya. Nice info. Nambah lagi pengetahuan ki tentang permotoran,

    BalasHapus
  9. Nahloh.. busi yg gimana danua dimana fungsinya apa baru tau sekarang hahaha kacau!
    Pokonya kalk ada apa2 sama motor udah paling bener deh ke planet ban...
    Semua pertanyaan dan masalah motor ada jawabannya hihi

    BalasHapus

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.