Hijab for Sisters

Tokoh Dunia yang Hobi Membaca Buku, Siapa Saja Mereka?

Tokoh dunia yang hobi membaca buku

Ketika akan menjalani tes untuk menjadi karyawan di sebuah perusahaan, ada formulir yang harus Ada Resensi isi. Salah satu pertanyaannya adalah tentang membaca buku.

Pertanyaan itu adalah tentang lima buku yang terakhir dibaca. Sebelum terheran-heran, baiklah Ada Resensi beri tahu bahwa perusahaan tersebut bergerak di bidang media dan informasi. Jadi wajar saja, sih, kalau ada pertanyaan tentang buku yang terakhir dibaca.

Pihak HRD tentu bukannya kurang kerjaan sehingga menanyakan hal tersebut. Bisa jadi untuk mengetahui karakter, pola pikir, dan potensi diri karyawan. 

Tokoh Dunia yang Hobi Membaca Buku

Membaca buku juga menjadi kegemaran banyak orang terkenal yang sukses di bidang mereka masing-masing.

Ada Resensi pernah menulis tentang Artis yang Gemar Membaca Buku. Nah, kali ini tentang tokoh dunia yang hobi membaca buku.

Ada Resensi cuma mencantumkan nama 10 artis. Eh, ada yang protes karena artis favorit mereka tidak tercantum. Aslinya, memang banyak artis yang suka membaca, tetapi kepanjangan kalau menuliskan semuanya sekaligus. Mungkin nanti ada part 2.

Begitu juga dengan para tokoh dunia ini. Tanpa mengurangi rasa hormat pada tokoh yang lain, hanya beberapa nama yang Ada Resensi cantumkan dalam tulisan kali ini.

Nah, berikut ini 9 tokoh dunia yang hobi membaca buku.

1. Anthony Robbins

Pria yang merayakan hari jadinya 4 tahun sekali ini adalah seorang motivator, penulis banyak buku best seller, dan life coach. Masa kecilnya suram dan miskin. Ibunya yang pecandu alkohol dan narkoba sering memperlakukannya secara kasar.

Beranjak remaja, ia bekerja sebagai penjaga toilet. Di sela-sela pekerjaan, Anthony membaca banyak buku. Ia bisa membaca 700 buku dalam setahun. Buku-buku itu mengubah hidupnya, membuatnya bersemangat untuk meningkatkan taraf hidup.

2. Bill Gates

Sebagai pengguna Microsoft, sungguh terlalu jika tak mengenal Bill Gates karena ia adalah pendiri Microsoft.

Sejak kecil ia sudah suka membaca. Baginya, membaca menjadi cara untuk mempelajari berbagai hal baru. Meski bukan penggemar novel, Bill Gates juga tetap membaca novel. Salah satu favoritnya adalah novel The Rosie Project.

3. Buya Hamka

Membaca buku menurut Buya Hamka
Kata bijak Buya Hamka tentang membaca buku.

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
adalah 1 dari sekitar 100 buku karya Hamka. Produktivitasnya dalam menulis tak lepas dari hobi membaca buku yang ditekuninya sejak kecil.

Buya Hamka mengalokasikan waktu beberapa jam setiap hari untuk membaca. Waktu yang paling disenanginya untuk membaca adalah tengah malam, ketika suasana hening dan tenang.

4. Elon Musk

Elon Musk sudah gemar membaca buku sejak kecil. Bahkan, pada usia 9 tahun ia tuntas membaca seluruh Encyclopedia Britannica. Fyi, ensiklopedia ini terdiri atas lebih dari 20 jilid. Selain itu, itu juga membaca novel fiksi ilmiah.

Sekarang pun di tengah berbagai kesibukannya sebagai CEO Tesla dan Space X ia tetap rutin membaca buku setiap hari.

5. Helen Keller

Helen Keller menjadi buta, bisu, dan tuli sejak usia 19 bulan. Adalah Anne Sullivan, guru yang mengajarinya membaca dengan cara finger spelling, kemudian juga dengan huruf Braille.

Sepanjang hidupnya, Helen membaca banyak buku dengan cara tersebut. Ia juga menulis buku, salah satunya adalah My Story of Life yang kemudian diterjemahkan ke berbagai bahasa.

6. Mark Zuckerberg

Kaya raya dan sukses tak membuat Mark Zuckerberg berhenti membaca buku. Ia tetap disiplin membaca dua buku per bulan.

CEO Facebook ini membaca beragam jenis buku, termasuk buku The Muqaddimah karya Ibnu Khaldun.

7. Oprah Winfrey

Kata bijak membaca buku
Kata bijak Oprah Winfrey tentang buku dan membaca.

Kehidupan masa kecilnya sulit dan suram. Bukan hanya miskin dan broken home, ia juga pernah dirudapaksa oleh paman dari pihak ibunya hingga hamil.

Oprah kemudian pindah tinggal bersama ayahnya. Sang ayah mendidiknya untuk disiplin membaca buku dan membuat ringkasan dari buku yang dibacanya.

Disiplin itu mengantarnya meraih kesuksesan sebagai pemandu talk show, produser TV, penulis, dan aktris. Setelah menjadi miliarder pun Oprah tetap senang membaca buku dan menularkan hobinya pada orang lain melalui acara yang dipandunya.

8. Sundar Pichai

Lelaki berdarah India ini adalah CEO Alphabet Inc, perusahaan induk Google. Sejak kecil ia sudah gemar membaca. Buku apa pun yang bisa dibaca akan ia baca. Buku karya Charles Dickens adalah salah satunya.

Dalam kesibukannya sekarang, ia tetap disiplin membaca. Uniknya, meski merupakan petinggi Google, ia lebih suka membaca buku dan koran cetak. Yang rutin dibacanya setiap hari adalah Wall Street Journal.

9. Warren Buffet

Lelaki kelahiran tahun 1930 ini adalah seorang pengusaha, filantropis, investor, sekaligus salah satu orang terkaya di dunia.

Ia sangat senang membaca, bahkan sebagian besar wakunya dihabiskan untuk membaca. Ketika hendak mulai berkarier di bidang investasi, ia melahap buku hingga 1.000 halaman per hari. Setelah sukses seperti sekarang, Warren Buffet tetap keranjingan membaca.

Merutinkan Membaca

Menganggap membaca adalah sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi akan membuat kita lebih mudah menyediakan waktu untuk membaca. Tak harus selesai satu buku dalam sekali duduk. Bisa membaca satu-dua lembar per hari pun tak apa, yang penting rutin dilakukan.

Tak perlu pula mempersempit membaca buku dengan hanya membaca buku cetak. Jika lebih mudah mengakses platform membaca buku digital, lakukanlah.

Beragam buku bisa kita baca, sesuai dengan minat dan kebutuhan. Pada artikel selanjutnya, Ada Resensi membahas tentang Pilih Membaca Buku Apa: Best Seller atau Pemenang Lomba? Apakah salah satunya adalah pilihanmu? Yuk, langsung cek saja.

14 komentar

  1. Orang baca buku tuh identik sama kebijaksanaan.
    Aku sekarang juga mulai merutinkan baca buku saat makan. Jadi mengganti kebiasaan nonton sambil makan, aku ambil 1 buku dan baca!

    Kudu dipaksakeun begini agar minimal ada proses membaca dan insight yang bisa kudapat di hari itu.

    BalasHapus
  2. setelah membaca 9 tokoh dunia yang hobi baca buku, sepertinya aku juga pengen lagi baca buku, soalnya udah lama banget gak baca2 buku.. hehehe

    BalasHapus
  3. Mereka adalah para tokoh yang terkenal dan sukses di bidangnya masing-masing. Dan tokoh-tokoh terkenal ini ternyata tidak lepas dari kegemaran membaca buku. Salut!

    BalasHapus
  4. Dari smeua tokoh di atas, dulu saya sering nonton Oprah. dia ini memang pintar. Dan pasti wawasannya yang luas diperoleh juga dari membaca buku. Oprah salah satu sosok perempuan berkulit hitam yang menginspirasi.

    BalasHapus
  5. Ngeri juga ya ceritanya Oprah, tapi orang-orang yang gemar membaca buku dan tidak memang beda sich. Sepertinya anak-anak kita juga harus didukung untuk gemar membaca buku dari pasa main hp atau tablet ya.

    BalasHapus
  6. Keren para tokoh dunia ini, menginspirasi kita buat semangat membaca. Lewat buku banyak akses bacaan yang kita terima. Maka perlu memilih buku yang baik ya.

    BalasHapus
  7. Sebenarnya semakin banyak membaca, kita jadi semakin "berisi" dan meningkatkan value juga. Nggak heran tokoh dunia seperti Oprah rajin membaca buku ya, Mbak Eno.

    BalasHapus
  8. Gila. Ini org2 terkenal bahkan pendiri dan CEO perusahaan terkemuka aja bs baca buku 1-2 buku setiap hari loh. Makanya pengetahuannya luas dan bs memimpin erusahaan yg mamu menembus top 500 Forbes, bahkan di jajaran 5 besar perusahaan terkemuka di dunia.

    BalasHapus
  9. masyaAllah ya semua tokoh dunia berpengaruh yang ngga main2 kesuksesannya, pengen banget bisa kayak mereka huhu.. meskipun skrg lagi suka fiksii

    BalasHapus
  10. Tak heran ya jika mereka sukses semua karena dengan membaca kita bisa melihat dunia secara menyeluruh dan mendapatkan banyak ilmu untuk membuat kita berkembang terus menerus bahkan melahirkan ide baru karena mendapat insight dari buku-buku tersebut

    BalasHapus
  11. Jujur ketampar banget baca tentang tokoh dunia yang punya hobi baca buku, di sela-sela kesibukannya tetap menyediakan waktu untuk buku artinya memang buku itu jadi hal yang utama di hidup mereka

    BalasHapus
  12. Bisa dipastikan gak sih, yghobi baca buku2 pasti jd sukses hehe.. tp emang baca buku ini kalo gak dibiasakan,susah ya buat betah

    BalasHapus
  13. Buku itu memang jendela dunia ya, dengan membaca buku kita bisa mendapatkan pengalaman menarik tentang banyak hal.

    Anak-anak juga harus mulai dibiasakan untuk lebih sering membaca daripada main gadget.

    BalasHapus

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.