Hijab for Sisters

Ini Pekerjaan untuk Kamu yang Hobi Membaca Buku

Pekerjaan untuk yang hobi membaca buku

Bekerja sesuai hobi dan mendapat penghasilan layak dari pekerjaan itu adalah impian banyak orang. Termasuk orang-orang yang hobi membaca buku.

Bekerja di jalur hobi rasanya bukan seperti sedang bekerja, melainkan sedang bersenang-senang. Fokus, giat, tanpa tekanan, tidak ada stres, dan dapat uang.

Hobi yang dibayar! Gimana nggak seneng, tuh!

Pekerjaan untuk Si Hobi Membaca Buku

Dibandingkan hobi-hobi yang lain, hobi membaca buku memang terlihat statis. Diam, tidak banyak gerak, menyendiri. Namun, ternyata hobi ini bisa diseriusi menjadi pekerjaan, lho.

Jika kamu hobi membaca buku, berikut ini beberapa pekerjaan yang spesifik dengan hobimu.

1. Penerjemah

Profesi sebagai penerjemah juga cocok untuk kita yang hobi membaca buku. Sebagai penerjemah kita harus membaca buku dalam bahasa aslinya, lalu menerjemahkannya ke bahasa lain.

2. Editor

Susah membayangkan ada editor yang tidak suka membaca. Pasalnya, pekerjaan seorang editor ya membaca naskah dan melakukan review atas naskah tersebut.

3. Proofreader

Proofreader bertugas membaca naskah yang akan diterbitkan. Mengecek apakah masih ada salah ketik, kalimat yang sulit dipahami, dan sebagainya.

4. Pustakawan

Bagi seseorang yang hobi membaca, berada di perpustakaan pastilah menyenangkan. Lalu, mengapa tidak mencoba berkarier sebagai pustakawan?

Pustakawan masa kini tidak lagi sekadar mengurus buku-buku cetak, tetapi juga informasi digital.

5. Peneliti

Sebagai peneliti kita perlu membaca banyak buku, jurnal, dan literatur lainnya. Semua informasi itu dibutuhkan untuk meneliti fenomena atau subjek tertentu.

6. Pengulas buku

Mengulas buku akan menjadi pekerjaan yang menyenangkan bagi orang yang hobi membaca. Ulasan buku tersebut bisa kita kirim ke media (koran cetak atau online), bisa dipublikasikan di blog pribadi, bisa pula dijadikan konten media sosial.

Beberapa situs buku luar negeri juga memberi peluang bagi kita untuk mengirim ulasan buku dengan bayaran dolar.

7. Wartawan

Pekerjaan yang cocok untuk si hobi membaca buku
Hobi membaca akan sangat menunjang pekerjaan sebagai wartawan.

Apabila memiliki kesenangan membaca, dikombinasikan dengan hobi menulis, bertemu banyak orang, dan mencoba hal-hal baru, bisa pertimbangkan untuk berkarier sebagai wartawan.

Pasti tahu Najwa Shihab dan Aiman Witjaksono, dong. Kecerdasan dan kekritisan mereka dalam menggali informasi dan menyampaikannya kepada pemirsa tak lepas dari hobi membaca berbagai buku.

8. Penulis

Ada Resensi sering membaca pengalaman Teman-teman penulis. Kebanyakan memutuskan menjadi penulis karena senang membaca buku.

Jika tertarik bekerja sebagai penulis, ada banyak pilihannya, antara lain

  • Penulis buku 
    Setiap penulis bisa jadi memiliki kecenderungan yang berbeda. Ada yang lebih tertarik menulis buku fiksi (novel, puisi), ada yang lebih piawai menulis buku nonfiksi.

  • Penulis buku anak 
    Idealnya, untuk menjadi penulis buku anak bukan hanya bisa menulis, tetapi juga memahami dunia anak-anak, serta perkembangan jiwa dan kognitif mereka.

  • Penulis skenario 
    Yang Ada Resensi maksud adalah penulis skenario film dan sinetron. Bukan skenario politik, atau skenario kerusuhan.

  • Ghostwriter
    Penulis jenis ini bekerja di balik layar dan menulis untuk nama orang lain (kliennya). Yang tahu siapa dia dan karya yang ditulisnya hanyalah dia dan klien. Pembaca tidak mengenalnya.

  • Content writer 
    Berkembangnya dunia digital memunculkan banyak pekerjaan baru, salah satunya adalah content writer. Tugas seorang content writer adalah membuat konten tertulis untuk media online (web, medsos, e-commerce, dsb).

  • Copywriter 
    Tanggung jawabnya adalah menulis teks iklan dan materi publisitas untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu.

  • Blogger
    Mereka adalah yang menulis secara online di blog pribadi. Mereka mendapatkan penghasilan dari iklan, content placement, dan sponsored post.

9. Penjual buku

Berjualan buku ini bisa secara offline atau online. Bisa juga dengan membuka jastip buku. Hobi membaca akan membuat kita lebih enjoy dalam berjualan, mencarikan buku, atau membantu pelanggan menemukan buku yang tepat. Pastikan hanya menjual buku-buku ori, bukan buku kw.

10. Pemilik atau pengelola library cafe

Library cafe (book cafe) memberi nuansa berbeda pada kafe yang banyak terdapat di berbagai kota. Kafe seperti ini menjadi tempat asyik untuk membaca buku.

Pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman sambil membaca buku. Kita pun bahagia karena berada di tempat yang kita sukai.

11. Content creator

Menjadi bookfluencer karena hobi membaca buku
Bookfluencer bukan hanya bermodal good looking.

Di tengah banyaknya content creator, kita bisa fokus menjadi bookfluencer, yaitu influencer yang khusus mengangkat konten seputar perbukuan. Mulai dari buku, perpustakaan, book cafe, sampai tempat-tempat untuk membeli buku langka.

Membaca di Semua Profesi

Di luar 11 profesi di atas yang berkaitan langsung dengan membaca buku, sesungguhnya hobi membaca  dan memiliki keterampilan membaca buku sangat menunjang profesi apa pun yang kita jalani.

Misalnya, guru dan dosen. Sebagai pendidik yang mengantarkan anak-anak didiknya ke dunia ilmu pengetahuan, guru dan dosen harus banyak membaca.

Malas membaca bisa berakibat ilmunya tidak berkembang lagi, pengetahuannya mandek di masa lalu, dan tidak bisa mengimbangi anak didiknya yang sejak lahir sudah dibanjiri informasi.

Begitu pula dengan profesi-profesi lain seperti pengacara, jaksa, bankir, dokter, motivator, dan psikolog. Apa jadinya jika mereka malas membaca buku-buku yang terkait dengan bidang keilmuan dan pekerjaan mereka?

Sejarah sudah membuktikan, banyak orang sukses yang sangat senang membaca buku, bahkan menganggapnya sebagai suatu kebutuhan.

Pada artikel Tokoh Dunia yang Gemar Membaca Buku, kita akan mengetahui siapa saja mereka. Let’s check it out.

11 komentar

  1. Dari beberapa yang pernah ku baca. hobi membaca juga dapat membantu meningkatkan kreativitas dan imajinasi. Hal ini tentunya bermanfaat bagi mereka yang ingin bekerja di bidang kreatif seperti penulis, desainer, atau seniman.

    BalasHapus
  2. Lagi nyari bagian content writer atau cooywriter. Tapi sampe skrang belom dapet dapet juga.... hmmmm

    BalasHapus
  3. Hobi banget baca dan menulis dan memang jadi peluang untuk menambah cuan di jaman sekarang sih , apalagi soal tulisan menarik itu tidak pernah ketinggalan zaman

    BalasHapus
  4. Setuju. Apapun profesinya memang sebaiknya punya hobi membaca buku. Misalnya belajar hukum kan juga harus suka juga membaca. Apalagi bahasa hukum juga termasuk berat

    BalasHapus
  5. Aku hobi banget deh baca buku dan pernah kepikiran jadi pustakawan juga. Bisa sepuasnya baca buku hehe. Tapi jadi pengulas buku juga oke, sering tuh aku posting di medsos dan blog pribadi. Semoga bisa makin cuan deh.

    BalasHapus
  6. Saya setuju kalau apapun pekerjaannya membaca buku tetap sebuah kebutuhan
    Secara buku jendela dunia dan gudang ilmu, pekerjaan apapun memerlukan informasi itu

    BalasHapus
  7. Aku suka membaca buku, jadi antusias bnget baca tulisan ini. 😀😀 dan Alhamdulillah telah melakoni beberapa di antaranya.

    BalasHapus
  8. Aku sepakat banget mengenai hobi membaca yang sebenarnya bukan hanya bermanfaat bagi beberapa profesi yang bersinggungan dengan dunia perbukuan atau penulisan nih, melainkan lintas profesi. Membaca buat hidup dan wawasan jauh berkembang termasuk memelihara rasa ingin tahu, sehingga lama-kelamaan bisa jadi expert. Semangat selalu berbagi tentang seru dan manfaat membaca, Tetehku.

    BalasHapus
  9. hobi membaca, jadi banyak kosa kata atau diksi yang kita pahami banyak wawasan juga dan ngurangi scroll sosmed yang gak penting hehehe.

    BalasHapus
  10. Iya ya, banyak juga sebenernya kesempatan kerja dan jenis pekerjaan yang pas untuk mereka yang suka baca buku. Termasuk aku. Walopun bekgron sekolah sains, tapi karena suka baca buku, jadinya lebih nyaman kerja di dunia tulis menulis deh.

    BalasHapus

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.