Hijab for Sisters

Menemukan Inspirasi Usaha dari Membaca Buku

Menemukan inspirasi usaha dari membaca buku

Banyak orang yang ingin memulai usaha tapi tidak tahu mau usaha apa. Yang memiliki keinginan kuat biasanya akan mencari inspirasi usaha dari berbagai sumber, termasuk dengan membaca buku.

Namun, tidak semua orang demikian. Ada yang berhenti di kamu pada sebatas keinginan untuk usaha. Ada pula yang langsung memulai usaha tanpa cukup informasi.

Kalau punya orang tua yang duitnya tidak berseri sih gampang. Usaha gagal dan merugi 700 juta santai aja. Nanti juga disubsidi dana ratusan juta lagi untuk memulai usaha baru.


Mencari Inspirasi Usaha

Ada banyak cara yang bisa untuk menemukan inspirasi usaha. Misalnya, nih:

1. Ikut seminar

Biasanya berupa seminar kewirausahaan. Penyelenggaranya bisa perguruan tinggi, komunitas pengusaha, atau lembaga-lembaga pemerintah yang terkait. Seminar kewirausahaan ini ada yang gratis, ada pula yang berbayar.

Apa yang didapat dari mengikuti seminar kewirausahaan? Idealnya sih mendapat ilmu kewirausahaan, wawasan baru, dan jaringan (networking).

2. Workshop

Seperti halnya seminar, dengan mengikuti worshop kita bisa mendapatkan ilmu, wawasan baru, dan networking.

Bedanya, jika dalam seminar kita hanya menjadi pendengar, maka dalam workshop kita akan mendapatkan pelatihan dan praktik langsung. Waktu pelaksanaan workshop juga biasanya lebih panjang daripada seminar.

3. Kursus

Kita juga bisa mencari inspirasi usaha dengan mengisi kursus-kursus keterampilan. Entah itu memperdalam keterampilan yang sudah kita miliki, atau mempelajari keterampilan baru. Misalnya kursus kuliner, kursus tata rias, dan kursus hidroponik.

Kursus-kursus seperti ini biasanya berbayar. Jadi, siapkan modal untuk biaya kursus, ya. Ini bukan proyek buang-buang duit, melainkan investasi ilmu dan keterampilan.

4. Tukar pikiran

Tujuan dan manfaat membaca buku
Ide usaha bisa saja muncul dari obrolan santai.

Punya kenalan yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia usaha? Tidak harus yang usahanya sudah berskala nasional. Yang usaha kecil-kecilan atau UMKM pun bisa.

Nah, usahakanlah untuk mengobrol dan bertukar pikiran dengannya. Sering lho, ide usaha muncul dari ngobrol-ngobrol santai dengan teman. Tentu sajaaa, jangan teman toxic yang bisanya cuma julid dan melemahkan semangat, ya.

5. YouTube dan media sosial

Ide usaha berseliweran di YouTube dan media sosial (seperti IG, Tiktok, dan Facebook).

Tapi kok aku tiap buka medsos munculnya berita seleb dan kriminal melulu?

YouTube dan media sosial bekerja sesuai profil, preferensi, dan pencarian kita. Supaya info yang lewat di medsos kita, kunjungi akun-akun pebisnis, motivator bisnis, dan semacam. Bisa juga ketikkan kata kunci seperti ide usaha dan motivasi bisnis.

Algoritma medsos akan merekam itu dan besok-besok akan memunculkan informasi yang relevan.

Cumaaa, kalau via medsos hati-hati, ya. Belakangan ramai lagi penipuan berkedok cara mudah cari uang di internet.

6. Membaca buku

Membaca buku juga bisa kita lakukan untuk mendapatkan inspirasi usaha. Jika modal cekak, bisa terapkan tips hemat membaca buku agar bisa puas mencari inspirasi melalui buku.


Inspirasi Usaha dari Membaca Buku

Membaca buku inspirasi usaha
Asupan bacaan untuk mencari ide usaha.
.
Ada banyak tujuan membaca buku. Salah satunya adalah untuk mendapatkan inspirasi usaha. Untuk tujuan ini, buku apa yang sebaiknya dibaca?

Untuk memancing inspirasi, berikut jenis-jenis buku yang menurut Ada Resensi bagus untuk dibaca:

1. Buku hobi dan keterampilan

Buku-buku hobi dan keterampilan adalah salah satu sumber inspirasi usaha. Dari memasak, merajut, budidaya tanaman, make up, menggambar, sampai reparasi barang elektronik.

Biasanya, ada step by step yang detail untuk membuat sesuatu. Tak jarang pula dilengkapi dengan informasi di mana bisa membeli bahan baku, serta perhitungan penjualan dan kemungkinan labanya.

Yang semula menjalani hobi sekadar pelepas stres dan mengisi waktu senggang, bisa mulai membisniskan hobi.

Mudah sekali menemukan buku-buku jenis ini di toko buku. Perpustakaan pun umumnya menyediakan buku hobi dan keterampilan.

Saran dari Ada Resensi nih, pilih buku yang penulisnya memang kredibel di bidang hobi tersebut. Kalau tidak yakin tentang kredibililtas si penulis, lihat nama penerbitnya.

Bukan apa-apa. Ada Resensi penah menemukan buku hobi dan keterampilan yang isinya hanya hasil comot sana-sini dari internet.

2. Buku kisah sukses

Membaca buku kisah sukses ini sangat menyenangkan, lho. Di buku ini kita bisa menemukan pengalaman orang-orang tersebut dalam meraih kesuksesan. Jatuh bangunnya, suka dukanya, dan sebagainya.

Buku seperti ini ada yang ditulis langsung oleh orang tersebut, tetapi banyak juga yang ditulis oleh orang lain.

3. Buku bisnis

Terserah nih, mau baca buku bisnis yang bergaya akademis serius, atau membaca buku bisnis yang bergaya populer. Yang penting kita bisa memahami isinya dan mendapatkan inspirasi darinya.

Sejatinya, itulah buku yang bergizi, yaitu buku yang dapat menginspirasi dan memotivasi pembacanya.

Macam-macam yang dibahas dalam buku bisnis ini. Mulai dari perencanaan usaha, manajemen keuangan, networking, sampai pemasarannya.

4. Buku motivasi

Buku motivasi umumnya ditulis dengan gaya populer. Ada juga yang menggunakan pendekatan agama. Ringan dibaca tapi dampaknya bisa luar biasa.

Buku-buku seperti ini bagus untuk menjaga motivasi kita, supaya tidak cepat melempem seperti kerupuk dijadikan seblak.

Penutup

Menemukan inspirasi usaha kadang-kadang lebih mudah daripada menjaga motivasi agar tetap bersemangat menjalankan usaha.

Menjalankan usaha tentunya membutuhkan minat, ketekunan, semangat, dan kegigihan. Usaha apa pun itu, termasuk yang berawal dari hobi.

Omong-omong hobi, nih, kalau hobi kamu membaca buku, ada beberapa pekerjaan yang akan cocok untukmu. Mau tahu pekerjaan apa saja itu? Langsung saja simak artikel Pekerjaan untuk Kamu yang Hobi Membaca Buku.

11 komentar

  1. Kalau yang punya ide usaha sih langsung eksekusi aja ya biar nggak kelamaan mikir. Tapi, kalau belum punya banyak banget refrensi bacaan untuk memulai usaha bahkan dikasih tips-tipsnya juga.

    BalasHapus
  2. Kalau dipikirkan inspirasi usaha mah datangnya dari mana aja ya kak Eno. Cuma tergantung orangnya juga, mau langsung eksekusi atau ya erhenti di kamu, eh 😁

    BalasHapus
  3. embaa buku memang banyak manfaatnya selain menambah kosakata, juga bisa menambah pengetahuan dan wawasan. Termasuk memberikan ide aktivitas bahkan ide usaha. Tidak jarang banyak yang kemudian sukses memiliki usaha karena terisnpirasi dari membaca

    BalasHapus
  4. Aku dulu koleksi buku hobbi seputar menjahit dan merajut. Masih aku simpan sampai sekarang. Kapan-kapan sih pengen nyobain dan praktek lagi ketrampilan. Memang harus tekun kalau mau usaha dan membaca buku bisa sangat menginspirasi.

    BalasHapus
  5. Saya pun dulu dapat ide bikin usaha sampingan juga berkah dari membaca buku. Enggak sengaja cari buku yang ada ide usahanya sih, kebetulan saja di dalamnya kok ada bab yang membahas itu. Jadi, jangan abaikan buku karena suka bikin muncul ide tak terduga.

    BalasHapus
  6. Iya juga ya. Ada banyak orang yang ingin punya usaha. Tapi hanya sebatas ingin saja. Padahal, inspirasi usaha mah banyak banget kalau kita mau berusaha buat mencarinya. Hehehe....

    BalasHapus
  7. Dulu aku terinspirasi juga untuk memilih blogging sebagai jalan lewat buku blogging dari IIDN. Selain itu juga dari buku lupa judulnya intinya dari hobi jadi penghasilan

    BalasHapus
  8. Buku ketrampilan nih pernah banget menjadi sumber inspirasiku mbak. Dulu saat masih bikin kerajinan rajut bersama kakakku. Dia yang ngerajut, aku yang jualan dan mencari ide2 baru untuk produk selanjutnya. Sayangnya sekarang udah ga jalan lagi.

    BalasHapus
  9. Memunculkan ide usaha memang mudah, tapi menjaga semangat untuk menjalankannya adalah tantangan tersendiri. Dibutuhkan minat, ketekunan, semangat, dan kegigihan untuk membangun usaha, termasuk yang berasal dari hobi.

    BalasHapus
  10. Banyak banget loh ide usaha dr membaca buku. Bahkan dr novel atau cerpen pun bs jadi ide usaha krn di sana pasti ada cerita2 berlatar bisnis. Bahkan dr medsos pun kadang bs dituangkan jd ide bisnis di buku.

    BalasHapus
  11. Betul nih, baca buku ternyata bisa memberikan ide bisnis usaha ya. Saya pribadi, biasanya baca Trubus. Banyak banget ide usaha pertanaian kalau dari Trubus. Tapi semi majalah sih ya Trubus ini.

    BalasHapus

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.