Hijab for Sisters

7 Tempat Asyik untuk Membaca Buku. Pernah Coba Nomor 6?

Tempat asyik untuk membaca buku

Ketika membaca buku, seseorang sering kali memerlukan tempat khusus. Biasanya, di tempat khusus itu ia bisa lebih fokus, tenang, dan nyaman membaca.

Selain itu, jenis buku yang dibaca pun bisa menjadi faktor penentu dakam memilih tempat untuk membaca buku.

Lalu, di mana orang biasa membaca buku dengan asyik, fokus, bahkan bisa sekaligus menikmati me time?


Kondisi Ideal

Bagaimana caranya agar kita dapat berkonsentrasi dalam membaca? Salah satunya adalah dengan memperhatikan tempat dan kondisi yang ideal untuk membaca.

Hal-hal berikut ini perlu diperhatikan ketika membaca buku agar bisa lebih fokus:

  • Jarak ideal antara halaman buku dengan mata adalah sekitar 30 cm.
  • Pencahayaan yang bagus. Penerangan yang buruk dapat menyebabkan gangguan refleksi mata.
  • Jika membaca buku digital, jangan lupa untuk mengatur tingkat kecerahan layar.
  • Durasi membaca yang terlalu lama dapat membuat mata menjadi lelah. Jika yang akan dibaca masih banyak, beri jeda setiap 20-30 menit agar mata tidak cepat lelah.
  • Tempat dan suasana yang mendukung aktivitas membaca.
  • Posisi membaca yang terbaik adalah duduk. Sebisa mungkin hindari membaca sambil berbaring. Membaca sambil jungkir balik pun tidak disarankan karena ... susah!

Apabila Teman-teman suka membaca buku cetak konvensional, kabar baiknya adalah halaman-halaman kertas lebih ramah di mata daripada layar gadget.


Tempat Asyik untuk Membaca Buku

Berbeda oraang bisa jadi berbeda pula preferensi tempatnya untuk membaca. Nah, berikut ini beberapa tempat yang asyik untuk membaca buku. 

1. Perpustakaan

Perpustakaan, surga bafi para pencinta buku
Membaca buku di perpustakaan.

Perpustakaan adalah tempat yang paling umum didatangi oleh mereka yang hobi membaca. Di sana mereka dapat memuaskan hobi membaca secara gratis.

Umumnya, suasana perpustakaan dikondisikan supaya tenang. Berbicara pun harus pelan-pelan. Kalau ada alunan musik pun dipilih yang berirama tenang. Itu biasanya loh yaaa, karena aja sih perpustakaan yang agak-agak berisik.

Secara garis besar, perpustakaan ada dua macam, yaitu perpustakaan khusus dan perpustakaan umum.

Perpustakaan khusus biasanya merupakan bagian tak terpisahkan dari sebuah lembaga. Misalnya Perpustakaan Museum Asia Afrika, Perpustakaan Zoologi, dan Perpustakaan Geologi.

Buku-buku yang menjadi koleksinya pun terkait dengan bidang kerja lembaga tersebut. Kalaupun ada buku umum, jumlahnya tak seberapa.

Jika Teman-teman memang butuh buku yang membahas bidang tertentu, maka membaca buku di perpustakaan khusus pasti akan sangat menarik.

Di perpustakaan khusus juga sering ditemukan hasil-hasil penelitian yang dipublikasikan internal dan tidak ada di toko buku.

Bagaimana dengan perpustakaan umum?

Seperti namanya, perpustakaan ini menyediakan beragam jenis buku untuk masyarakat umum. Anak-anak sampai orang tua bisa puas membaca di perpustakaan umum ini.

2. Toko buku

Toko buku menjadi favorit banyak orang untuk membaca buku. Tidak sembarang toko buku, sih. Biasanya toko buku modern seperti Gramedia.

Di toko buku ini umumnya ada buku yang plastik wrapping-nya sudah dibuka. Dengan begitu, pengunjung bisa melihat-lihat isi buku tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. Tapiii ... nggak sedikit juga yang sengaja datang ke toko buku untuk nebeng membaca.

Kalau ternyata bukunya masih disegel rapat, minta izin dulu ya pada pegawai toko buku. Tanyakan apakah buku itu boleh dibuka plastiknya atau tidak. Atau mungkin ada buku yang sudah tidak berplastik.

3. Taman

Taman juga menjadi tempat yang asyik untuk membaca buku. Bukan sembarang taman, tentunya. Paling asyik membaca di taman yang bersih, teduh, dan terang.

Namun, apabila membaca di taman perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Supaya keasyikan membaca tidak terganggu oleh nyamuk-nyamuk kecil yang nakal, tidak ada salahnya mengoleskan losion antinyamuk terlebih dahulu.
  • Jika taman merupakan area publik yang siapa saja bisa masuk, perhatikan juga faktor keamanannya. Jangan sampai keasyikan membaca, eeeh ... ponsel malah digondol maling.
  • Perhatikan cuaca. Kalau sudah ada tanda-tanda hujan, sebaiknya segera sudahi acara membaca di taman. Kalau sampai kehujanan kan nggak asyik lagi.

4. Kamar tidur

Kegiatan membaca di kamar tidur pasti sangat familier, ya. Biasanya dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Salah satu manfaat membaca buku sebelum tidur ini adalah dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Ketika membaca sebelum tidur, pastikan cahaya lampu cukup terang, ya. Jangan langsung meredupkan lampu karena akan berpengaruh buruk pada mata.

Orang tua yang memiliki anak kecil pun biasanya familier dengan kegiatan membaca buku di kamar tidur ini. Sebagai pengantar tidur, biasanya orang tua membacakan buku cerita. Banyak lho manfaat membaca buku secara nyaring ini.

5. Coffee shop

Membaca buku di coffee shop
Asyik membaca buku di coffee shop.

Kok bisa sih membaca buku di tempat yang ramai (setidaknya ramai suara musik) seperti coffee shop?

Bisa saja, dong. Tempatnya adem, bersih, wangi. Siapa yang tak suka? Ada Resensi juga suka menulis dan membaca buku di kedai kopi. Suara musik dan obrolan orang di sekitar tak menjadi masalah, selama tidak chaos dan tidak ada yang mengajak ngobrol.

Kalau mau suasana yang lebih tenang, bisa langsung memilih book cafe atau library cafe. Kafe jenis ini memadukan konsep perpustakaan dan kedai kopi, di mana orang biasa membaca buku sambil menikmati minuman favorit.

Di book cafe kita bisa tenang membaca buku karena memang sudah dikondisikan demikian. Di Bandung misalnya, ada Encykoffie, Cokotetra, Kineruku, Nimna, dan Room 19.

6. Kamar mandi

Membaca buku di kamar mandi? Mungkin terdengar aneh, tapi tak sedikit yang senang melakukannya. Salah satunya adalah Dian Sastro. 

Tentu saja, kamar mandinya harus yang proper untuk membaca. Kalau tidak begitu, bisa-bisa buku yang dibaca malah basah.

7. Kendaraan

Bagi sebagian orang, kendaraan merupakan tempat yang menyenangkan untuk membaca buku. Tentunya, kalau menjadi penumpang ya, bukan sebagai sopir.

Daripada bengong di sepanjang perjalanan dengan menumpang kereta api, mobil, pesawat, atau kapal, lebih baik membaca buku.

Namun, tidak semua orang bisa membaca di kendaraan. Sebagian orang (termasuk Ada Resensi) merasa mual dan pusing jika membaca buku di kendaraan.

Penutup

Dari tujuh tempat yang asyik untuk membaca buku di atas, mana yang menjadi favorit Teman-teman? Atau mungkin punya tempat asyik sendiri?

Tempat yang asyik bagi seseorang bisa jadi malah tidak asyik bagi orang lain. Namun, itu adalah pilihan personal. Seperti halnya pilihan kita dalam membaca atau tidak membaca buku tertentu.

Kalau memang sudah suka membaca dan memahami manfaatnya bagi kehidupan, tentu nggak ada alasan tidak membaca karena harga buku mahal. 

Memangnya bisa membaca buku tapi nggak pakai mahal?

Bisa banget, dong! Bagaimana caranya, langsung saja cek artikel Tips Hemat Membaca Buku ya. Selamat bersenang-senang membaca!

13 komentar

  1. Nah saya suka baca di rumah dan tempat tidiur jadi tempat favorit. Ditambah di kamar mandi beberapa tahun terakhir ini. Apalagi saat BAB, daripada bengong. Mending manfaatkan dengan membaca 😅

    BalasHapus
  2. walahhh aku belum pernah kak di kamar mandi sih, paling suka di Perpustakaan. Tempat klasik nih untuk membaca buku. Koleksi bukunya lengkap dan suasananya tenang, bikin fokus bacanya makin mantap. jadi kalau ada bacaan yang ingin dicari dan kurang tinggal berkeliling saja

    BalasHapus
  3. Wah, kalo di kamar mandi belum pernah hehe. Karena kurang mendukung, bisa-bisa bukunya basah.

    BalasHapus
  4. Belum pernah coba baca buku ditaman. Sisanya udah cobain semua, paling suka baca di kamar tidur dan paling gak suka baca di mobil karena bikin pusing

    BalasHapus
  5. Saat masih aktif bepergian kemana-mana, aku emang seringnya bawa buku sih. Kayak killing time aja gitu.

    Di kereta, kalau lagi nggak bisa tidur ya baca novel atau buku apalah

    Jadi, nggak kerasa udah sampai tujuan. Semacam itu

    BalasHapus
  6. Kenapa yaa kalo di perpustakaan aku justru ngga betah? wkwkwk otomatis ngantuk banget ga tahan, kalo ga gitu malah gelisah kebelet pup wkakakakaak, aneh emang, tempat ternyaman kamar tidur sih

    BalasHapus
  7. Nomor 1-5 sih udah biasa. Emg tempat yg nyaman ya di situ semua. Tp aku sering sih bawa hp utk baca2 sesuatu. Kl spt kamar mandi Dian Sastro, ya blm sanggup. Doi emg naruh buku di toiletnya sih. Udh kyk peepuastakaan deh. Atau minimal ada bbrp buku gt loh.

    To kl di kendaraan, ga deh. Pusyiiingggg.

    BalasHapus
  8. Tempat favorit saya untuk baca buku sederhana aja : di kamar. Paling nyaman klo baca sambil senderan bantal gede gitu. Bahkan enak banget klo sambil baringan meskipun pose ini tidak disarankan, tidak bagus untuk kesehatan mata.

    BalasHapus
  9. Aku sering baca-baca di kamar mandi haha. Membaca buku di kamar mandi tuh lebih tenang aja gitu rasanya, dijamin enggak akan ada yang bakal ganggu.

    BalasHapus
  10. paling suka baca buku di alam terbuka, jadi ada pencahayaan langsung dari matahari dan adem dari angin sepoy-sepoy

    BalasHapus
  11. Hah yakin baca di kamar mandi? wkwkkw belum pernah coba sih, Tapi kayaknya buat ku gak asik deh. Secara kalau lagi dikamar mandi aku gak suka berlama-lama. Kalau baca buku dikendaraan aku cuma bisa dikereta aja, kalau dikendaraan lain kayak pusing gitu.. ada yang sama gak?

    BalasHapus
  12. Aku baca buku di jalan salah satunya bisa sampai menghayati sekaliii..
    Pernah nangis seseunggukan, dikira anakku karena drakor, ternyata karena bukunya dr. Andreas Kurniawan. Lebih syahdu dengan suasana perjalanan.

    BalasHapus

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.