Hijab for Sisters

10 Artis yang Suka Membaca Buku. Adakah Idolamu?

Artis yang suka membaca buku

Di tengah kesibukan kerja masih memiliki waktu untuk hobi membaca buku pastilah sangat menyenangkan.

Hobi membaca dapat dilakukan di mana saja. Jika lupa membawa buku cetak, masih bisa mambaca e-book di perpustakaan digital.

Kalau sudah hobi mah tidak ada alasan untuk tidak membaca. Yang banyak alasan itu kan biasanya yang tidak benar-benar suka.

Sebagian orang menganggap hobi membaca buku itu tidak keren dan tidak gaul. Namun, ternyata tak sedikit artis keren idola banyak orang yang memiliki hobi membaca buku.

Hayoooo, masih mau bilang mereka tidak keren dan tidak gaul?


Artis dan Pekerjaannya

Banyak orang menganggap pekerjaan sebagai artis sangatlah menyenangkan. Berakting sebentar di depan kamera, mendapat bayaran besar, dan memiliki banyak penggemar.

Belum lagi makan-makan di restoran mahal, berlibur ke luar negeri, rumah mewah, dan barang-barang branded internasional. Jelas semua itu tak mungkin terjangkau oleh gaji UMR yang penuh potongan.

Kerja mudah, bayaran mewah. Benar-benar impian semua orang.

Yang tidak semua orang tahu, pekerjaan sebagai artis tidaklah semudah itu. Untuk film yang hanya berdurasi 2 jam saja mereka bisa syuting berminggu-minggu, dari pagi hingga bertemu pagi lagi. Syuting sinetron stripping juga melelahkan.

Kalau rajin menyimak berita di TV atau internet, pasti pernah menemukan berita tentang artis yang jatuh sakit karena kelelahan.

So, bayangkan saja di tengah kesibukan itu mereka masih sempat, bahkan rutin, membaca buku. Wow! Kita saja yang lebih banyak santainya kadang tak bisa menyempatkan diri untuk membaca buku.


Artis yang Suka Membaca Buku

Selebriti yang gemar membaca buku
Deretan seleb yang hobi membaca.

Untuk urusan membaca buku, ada beberapa artis Indonesia yang pantas menjadi panutan. So, ini dia artis yang suka membaca buku:

1. Adinia Wirasti

Pemeran Carmen dalam film Ada Apa dengan Cinta ini mulai hobi membaca ketika berkuliah di New York Film Academy.

Setelah jatuh cinta pada kegiatan membaca, ia selalu membawa buku setiap kali bepergian dan buku cetak menjadi pilihannya..

2. Cinta Laura

Di tengah kesibukannya sebagai artis, aktivis sosial, dan pebisnis, Cinta selalu punya waktu untuk membaca. Di akun Instagram @claurakiehl, Cinta menyebutkan bahwa membaca buku membuatnya bahagia. Selain itu, setiap pagi ia selalu membaca berita-berita terkini dari berbagai sumber.

Kecerdasannya terlihat jelas saat ia mengkritisi berbagai hal, terutama tentang masalah sosial, perempuan, anak-anak, dan pendidikan.

Btw, Cinta adalah lulusan Jurusan Psikologi dan Jurusan Sastra Jerman Columbia University dengan predikat cumlaude.

3. Dewi Sandra

Sejak kecil Dewi terbiasa melihat ayahnya membaca buku. Berawal dari terkagum-kagum melihat sang ayah membaca buku setebal batako, Dewi dan adiknya pun jadi ikut gemar membaca.

Harry Potter adalah buku tebal pertama yang sukses ditamatkannya. Sejak itu, Dewi membaca berbagai buku, fiksi dan nonfiksi.

Setelah hijarh, Dewi giat membaca buku agama dan mempelajari Al-Quran. Semakin banyak buku yang dibacanya, semakin tersadar bahwa ia fakir ilmu sehingga termotivasi untuk membaca buku lebih banyak.

4. Dian Sastro

Dian yang memulai kariernya lewat ajang Gadis Sampul 1996 ini dikenal suka membaca, bahkan memiliki perpustakaan pribadi di rumahnya.

Kesukaan Dian Sastro membaca buku sastra tumbuh ketika ia bersekolah di SMA Tarakanita I Jakarta. Hal tersebut tak lepas dari peran guru Bahasa Indonesia yang memperkenalkannya pada dunia sastra dengan cara menyenangkan.

Jatuh cinta pada dunia membaca membuat Dian melahap berbagai jenis buku. Btw, sudah tahu kan kalau Dian Sastro adalah lulusan S1 Filsafat UI dan S2 Manajemen Fakultas Ekonomi UI?

5. Jerome Polin

Youtuber Jerome Polin terkenal karena kecerdasannya dalam matematika. Tak hanya suka matematika, Jerome juga suka membaca buku.

Di akun Instagram @jeromepolin ia mengakui betapa buku sangat berpengaruh pada cara pikir dan bertindak.

Adanya platform membaca buku digital seperti iPusnas sangat membantunya untuk tetap membaca buku tanpa repot membawanya. Bagi Jerome, membaca buku membuka pikiran dan mengubah hidup.

6. Maudy Ayunda

Anak gemar membaca buku dimulai dari rumah. Itu yang dirasakan oleh Maudy.

Dikenal memiliki privilege karena kemapanan finansial orangtuanya, ternyata sejak kecil Maudy dibiasakan tanpa televisi. Sebagai gantinya, beragam buku bacaan ada di sekelilingnya.

Pemeran Ainun dalam film Habibie dan Ainun 3 ini kini memiliki gelar master di bidang pendidikan (M.A) dan bisnis (M.B.A) dari Stanford University.

7. Nicholas Saputra

Hayooo, cowok idola siapa niiih? Hehe.... Ternyata, selain jago akting, peduli lingkungan hidup, ganteng, dan punya tatapan mata yang bikin hati meleleh, Nicsap pun gemar membaca buku.

Artis yang juga alumnus Jurusan Arsitektur UI ini suka membaca buku-buku nonfiksi. Kalau Teman-teman ke toko buku, coba perhatikan sekeliling, deh. Siapa tahu ketemu Nicsap.

8. Rachel Amanda

Tak semua Gen Z suka membaca e-book. Salah satunya Rachel Amanda. Ia ternyata lebih menyukai buku cetak.

Alumnus Fakultas Psikologi UI ini memiliki minat baca yang luas. Dari komik, novel, buku pengembangan diri, hingga berbagai buku nonfiksi lain dibacanya dengan antusias.

9. Sherina Munaf

Quote membaca buku
Membaca buku memuaskan rasa ingin tahu.

Menyebut nama Sherina, ingatan langsung melayang pada film Petualangan Sherina. Sherina memang masuk ke entertainment sejak kecil, tetapi itu tak membuatnya jauh dari membaca buku.

Beragam jenis buku dibacanya, seperti novel, sejarah perfilman, pengembangan diri, dan buku-buku religi. Baginya, membaca menjadikan ia mampu berpikir kritis dan bijaksana.

10. Tasya Kamila

Tasya yang melejit sebagai penyanyi dan model iklan pada usia kanak-kanak ini sudah hobi membaca sejak di bangku sekolah. Tak heran jika perpustakaan menjadi tempat favoritnya.

Semasa kuliah S2 di Columbia University, Tasya yang alumnus FE UI ini juga senang menghabiskan waktunya di perpustakaan.

Memahami besarnya manfaat manfaat membaca buku secara nyaring, mereka rutin membacakan buku sejak si kecil berusia dua bulan.

Penutup

Kemauan adalah koentji. Kalau memang mau membaca buku, pasti akan selalu meluangkan waktu untuk membaca.

Namun, kalau kemauan dan niatnya tidak ada, mau dibilang betapa banyak manfaat membaca buku untuk kesehatan pun ya tetap saja tak kunjung mulai membaca.

Artis-artis yang kesibukannya bejibun saja ternyata banyak yang rutin dan hobi membaca buku. Hebatnya, ada pula artis yang juga jago menulis.

Penasaran siapa saja mereka? Langsung saja ya ke artikel Selain Suka Membaca Buku, 10 Artis ini Juga Menulis Buku.

15 komentar

  1. dari artis-artis di atas ada 2 yang tidak saya tahu. Kesemuanya terlihat orang-orang yang memang berotak ya mbak. Selain artis mereka juga peduli dengan pendidikannya

    BalasHapus
  2. Seharusnya artis-artis seperti ini sih yang jadi contoh bagi masyarakat. Gemar membaca. Nggak yang berkalkuan random, hahaha... Keliatan sih, mereka memang cerdas dan smart, ternyata eh ternyata hobinya baca buku, pantesan deh prestasinya banyak... Very nice artikel yang sekaligus jadi self reminder sih !!

    BalasHapus
  3. emang kelihatan beda sih dari mukanya pun, kalau memang mereka suka baca buku. kelihatan lebih selow dan ucapannya lebih tertata

    BalasHapus
  4. Maudy Ayunda mah emang seneng baca banget. Sampai bikin konten YouTube buku apa aja yang dia baca. Dia juga sering sharing buku yang udah dia baca. Aku sampai screenshot satu-satu list bacaan dia, haha. Soalnya aku ngikutin dia banget jadi tahu mana bacaannya berat-berat 🤣 udah kaya perpustakaan berjalan, tiada hari tanpa baca buku.

    BalasHapus
  5. Yeay ada Rachel Amanda.. Alhamdulillah wa syukurilah..
    Apalagi doi demennya buku fisik nih kayak daku hihi.
    Seneng banget kalo para artis punya hobi membaca buku, bisa meng-influence banyak orang

    BalasHapus
  6. Hmm... jadi wajar saja kalau ke-10 artis tersebut aura cerdasnya memang terpancar. Karena membaca buku sudah menjadi bagian hidup mereka.

    BalasHapus
  7. Kalo dulu idola Sherina, tapi sekarang dengan bertambahnya umur ini, udah nga ngefans sama siapa-siapa. Klo Cinta Laura suka juga apalagi Dia suka banyak program untuk bantu orang-orang yang membutuhkan.

    BalasHapus
  8. Suka ngikutin Maudy Ayunda dan Cinta Laura + ngepoin bacaan mereka. Bagus-bagus soalnya, kadang di YouTube Maudy juga ada ringkasan buku yang pernah atau sedang dia baca

    BalasHapus
  9. Aku sih ngidolain Cinta Laura. Dr gaya bicaranya di setiap podcast sih menandakan kalo cwek ini tuh independen dan pintar. Selain ya krn emg dia lulusan luar dan pasti senang baca buku. Wawasannya luas dan POV-nya berbeda dr kebanyakan org. Thats why i adore her.

    BalasHapus
  10. Tapi beneran sih, artis-artis yang disebutkan di sini semuanya berkelas. Jadi ternyata itu tidak lepas juga dari kebiasaaan mereka membaca buku.

    BalasHapus
  11. Ini memang kumpulan artis berkelas sih ya, benar memang gemar membaca terbukti dapat meningkatkan value seseorang. Kualitas pemikiran seseorang meningkat. aku suka ngikuti youtube Maudy Ayunda, selalu suka apa yang dia bahas... Cemerlang dan selalu memberikan insight baru.

    BalasHapus
  12. Nambahin satu dong, Hannah Al Rasyid, hehee.. artis yg suka baca buku gini nih patut dijadiin contoh. Pilihan bacaannya juga seru².

    BalasHapus
  13. Dian Sastro sering membaca buku dan suka membagikan kutipan buku yang bagus. Jadi berasa di spill judul buku yang bagus. Mungkin karena anak filsafat yaa..

    BalasHapus
  14. waaah ini sih list artis papan atas yang terkenal cerdas dan berwawasan luas, open mind dan kalo bicara depan publik pastinya berbobot. ga heran sih ya, hobinya baca buku!

    BalasHapus
  15. Aku suka banget sama Tasya Kamila, udahlah cantik, pintar pulak, apalagi kami ini seumuran. Memang ya membaca buku ini bisa menambah wawasan banget.

    BalasHapus

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.