Hijab for Sisters

10 Artis yang Gemar Membaca Buku dan Hobi Menulis


Artis yang hobi menulis dan membaca buku

Melihat artis ada yang segitu hobinya membaca buku saja rasanya sudah kagum. Eh, ternyata ada juga artis yang suka menulis. Bukan sekadar menulis, tetapi karya mereka sudah diterbitkan dalam bentuk buku.

Waduuuw, kapan mereka menulisnya ya? Aktivitas sebagai artis saja sudah sangat padat, kok masih sempat menulis buku.

Apa kabar kaum rebahan yang bercita-cita bukunya best seller dan difilmkan tapi tak kunjung memulai kalimat pertamanya?


Artis yang Suka Membaca Buku dan Menulis

Tidak semua orang yang suka membaca buku otomatis jadi suka menulis. Kebanyakan sih, sebatas suka membaca. Seperti Cinta Laura, yang dengan membaca buku saja sudah membuat ia merasa bahagia.

Kebalikannya, orang yang suka menulis biasanya memang suka membaca. Seperti beberapa artis yang juga berkarya dalam bentuk buku ini.

Berikut sejumlah artis yang suka membaca buku dan juga hobi menulis.

1. Ayudia Bing Slamet

Dari nama belakangnya sudah ketahuan siapa Ayudia. Bing Slamet adalah kakeknya, seniman besar Indonesia tahun 1940an. Tiga paman dan bibi Ayudia juga artis tenar pada masanya, yaitu Uci Bing Slamet, Adi Bing Slamet, dan Iyut Bing Slamet.

Ayudia pun meniti karier sebagai pemusik dan pemain film. Tak cukup itu, bersama Ditto (suaminya), Ayu menulis buku #TemanTapiMenikah yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo tahun 2016. Disusul dengan buku #TemanTapiMenikah 2.

Novel yang berkisah tentang kebersamaan Ayu dan Ditto sejak SMP ini sudah beberapa kali cetak ulang dan diangkat ke layar lebar.

2. Dewi Lestari (Dee)

Dee adalah artis yang sukses menjadi penulis. Tak sedikit yang justru lebih mengenalnya sebagai penulis daripada sebagai penyanyi.

Selain bersuara merdu Dee juga senang menulis. Awalnya hanya menulis untuk buletin sekolah. Berikutnya ia mulai mengirimkan cerpen ke majalah remaja.

Novel perdananya yang bergenre fiksi ilmiah diterbitkan oleh Truedee Books pada tahun 2001. Judulnya Supernova 1: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh.

Berikut terbit novel Supernova 2 sampai 6. Masing-masing berjudul Akar, Petir, Partikel, Gelombang, dan Inteligensi Embun Pagi.

Selain seri Supernova, Dee juga menulis novel Perahu Kertas, Madre, dan kumcer Filosofi Kopi.

3. Fiersa Besari

Ada Resensi lebih dahulu mengenal Fiersa Besari sebagai penulis lewat buku Garis Waktu yang terbit tahun 2016. Eh, tapi rupanya Ada Resensi kudet. Fiersa lebih dulu menjadi vokalis band indie daripada menulis buku.

Setelah lama ngeband, Fiersa memutuskan untuk bersolo karier. Tahun 2012 meluncurlah album 11:11. Tahun 2018, 11:11 terbit juga dalam bentuk novel.

Selain Garis Waktu dan 11:11, Fiersa juga menulis buku Konspirasi Alam Semesta, Catatan Juang, Arah Langkah, dan Tapak Jejak.

4. Happy Salma

Buku karya artis Indonesia
Buku karya Happy Salma, Fiersa Besari, dan Dee.

Happy Salma sudah bermain dalam puluhan judul sinetron ketika tertarik pada dunia sastra. Bukan sekadar membaca buku sastra, tetapi juga menulis.

Tahun 2006 buku perdananya terbit, yaitu kumpulan cerpen berjudul Pulang. Buku ini bahkan menjadi nomine dalam Literary Khatulistiwa Award.

Selain itu, Happy juga menulis buku Telaga Fatamorgana, The Warrior Daughter, dan Cerita Kina. Bersama Pidi Baiq, ia menulis buku Hanya Salju dan Pisau Batu. Ia juga ikut menulis dalam berbagai buku antologi cerita pendek.

5. Indra Herlambang

Meskipun lebih lebih dikenal sebagai presenter, Indra juga ikut menulis skenario film Mereka Bilang Saya Monyet dan Rectoverso: Cinta yang Tak Terucap

Bukunya yang berjudul Kicau Kacau, terbit tahun 2011 di Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

6. Maudy Ayunda

Maudy ini paket lengkap banget, deh. Model, pemain film, penyanyi, penyandang 2 gelar master dari Stanford University, penulis lagu, juga penulis buku.

Tumbuh sebagai anak gemar membaca buku, ternyata membuat Maudy juga senang menulis. Buku pertamanya terbit pada tahun 2005 (tahun yang sama dengan film perdananya, Untuk Rena), berjudul A Forest of Fables.

Tahun 2018 bukunya yang berjudul #Dear Tomorrow: Notes to My Future Self dirilis oleh Penerbit Bentang. Yang terbt berikutnya adalah buku anak berjudul Kina’s Story: Kina Makes A New Friend.

7. Natasha Rizky

Seperti Dian Sastro dan Maudy Ayunda, Natasha juga merupakan jebolan ajang bergengsi Gadis Sampul.

Puluhan peran sudah dimainkannya dalam serial TV, FTV, dan film layar lebar sejak tahun 2006.

Katanya Nikah Mudah adalah buku perdana Aca yang diterbitkan oleh Kawah Media pada tahun 2018. Menyusul kemudian buku Catatan Kronik, diterbitkan oleh Elex Media Komputindo tahun 2022.

Yang terbaru (tahun 2024) adalah buku puisi berjudul Kamu Tidak Istimewa yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

8. Oki Setiana Dewi

Oki mulai dikenal publik ketika menjadi pemeran utama dalam film Ketika Cinta Bertasbih (2010). Setelah debutnya itu, Oki membintangi beberapa film lainnya, juga menjadi produser film dan presenter.

Di bidang pendidikan, artis yang suka membaca buku ini memiliki gelar doktor di bidang Kajian Islam Konsentrasi Dakwah (UIN Syarif Hidayatullah) serta bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir (Institut PTIQ).

Buku pertamanya berjudul Melukis Pelangi, diterbitkan oleh Mizania tahun 2011. Menyusul kemudian buku-buku lain, seperti Cahaya di Atas Pelangi, Dekapan Kematian, dan Sebentang Kearifan dari Barat.

9. Prilly Latuconsina

Prilly masuk ke dunia hiburan tahun 2009 melalui acara Si Bolang, kemudian sebagai presenter di acara Koki Cilik. Berikutnya, Prilly sibuk sebagai model iklan serta bermain dalam berbagai judul sinetron dan film layar lebar.

Hebatnya, pendidikannya juga mulus. Tahun 2021 ia menyelesaikan pendidikan S2 di bidang Ilmu Komunikasi.

Hobi memasak dan menulis yang sudah disukainya sejak kecil pun berkembang. Selain berbisnis di bidang kuliner, Prilly juga menulis buku.

Sudah 4 bukunya terbit di Grup Penerbit Mizan, yaitu 5 Detik dan Rasa Rindu (2017), Fatamorgana (2018), Ruang Tengah Ingatan (2020), dan Hari Ini Kenapa, Naira? (2023).

10. Rachel Amanda

Amanda mulai bermain seni peran pada usia 6 tahun, lewat serial TV berjudul Indra Keenam. Hingga sekarang, ia telah bermain dalam puluhan judul film layar lebar, film pendek, serial TV, dan web series.

Aktif sebagai pemain peran dan penyanyi, pendidikan Amanda tetap lancar. Tahun 2018 ia lulus dari Fakultas Psikologi UI. Sebelumnya, pada tahun 2017 buku puisinya bersama Keshia Deisra yang berjudul AndaiKita diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.


Penutup

Membaca buku karya artis Indonesia
Buku karya beberapa selebritas Indonesia.

Luar biasaaaah. Entah bagaimana cara artis-artis keren itu membagi waktu di sela-sela kesibukan mereka. Bukan hanya bisa meluangkan waktu untuk membaca buku, tetapi juga bisa menulis buku.

Jadi malu deh kalau punya banyak waktu senggang tapi masih malas membaca buku dan mengembangkan potensi diri.

Barangkali dengan menemukan tempat yang nyaman dan kondusif kita bisa lebih bersemangat untuk membaca buku. Apa saja tempat-tempat itu? Langsung saja meluncur ke artikel 7 Tempat Asyik untuk Membaca Buku ya.

16 komentar

  1. Ini bagus banget nih buar artis atau public figure. Harusnya ngga cuman 10 orang sih, karena artis harus punya pengetahuan luas sehingga penting banget membaca buku supaya wawasan semakin baik dan pinter dong

    BalasHapus
  2. Kalau saya kenalnya pertama itu Dewi Lestari saat cerpennya dimuat di Majalah MODE. keren, dan pas menulis buku juga keren. Baru kemudian menyusul artis lain. Kalau happy salma, kalau saya tidak salah ingat, dari Gadis sampul, main film, lalu sering baca puisi, lalu menulis buku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy Salma Gadis Sampul 1995, Mas. Barengan Andhara Early dan Dewi Rezer.

      Hapus
  3. Aku paling penasaran sama karyanya Natasha Rizky, yang sempat booming itu bukunya pasca bercerai, lupa judulnya. Aku pengen beli pas di cek di marketplace, harganya lumayan ternyata, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Judulnya "Kamu Tidak Istimewa". Iya, harga buku sekarang memang lumayan mahal, tapi penulis tetap aja hanya dapat 10% dari harga buku yang terjual (dan masih dipotong pajak).

      Hapus
  4. Dari semuanya baru tahu kalo Indra Herlambang sama Rachel Amanda pernah nulis buku. Kalau yang lain sedikit kenal lah sama judul bukunya

    BalasHapus
  5. Di antara semua deretan artis yang hobi membaca dan bahkan menulis buku, baru tahu ada Indra Herlambang di dalamnya. Ternyata multitalenta juga, ya, karena biasanya dia dikenal sebagai MC

    BalasHapus
  6. Nggak kebayang bagaimaana ya para artis ini membagi waktu mereka untuk bersosialisasi, bermain seni peran, sampai menulis juga. Keren. Aku kebetulan termasuk yang juga membaca bukunya Maudy Ayunda sih. Kalau Prilly, belum beneran baca. Nah, sekarang aku lagi dibikin kepo sama karyanya Natasha Rizky.

    BalasHapus
  7. Saya tuh senang kalau melihat artis yang punya hobi membaca dan menulis. Kesannya mereka gak cuma pintar di depan kamera, tapi memang smart. Vibenya jadi menular.

    BalasHapus
  8. Ga nyangka Indra Herlambang tuh udah pernah bikin buku ya. Dan pernah jadi penulis skenario lg. Duh kmn aja gw.

    Aku tahunya dia cmn presenter acara gosip artis. Dan mkn tenar setelah jd MC idol Korea.

    Keren deh mkn bnyk artis, terutama cwok yg gemar baca dan pernah bikin buku. Kereeen.

    BalasHapus
  9. Waahh... kalah nih sama artis2 yang di sela2 kesibukannya aja masih rajin baca buku. Bahkan pada nulis buku yaaa.. Ga nyangka loh Aca ternyata nulis buku juga. Jadi penasaran pengin baca bukunya.

    BalasHapus
  10. Pernah baca yang tulisan Dee. Keren sih ya dia cara nulisnya. Setiap baca novelnya Dee lestari itu kayak monton film saking detailnya cara penggambarannya.

    BalasHapus
  11. Kalau untuk Dee sm Fiersa sih udah terkenal jd penulis. Kalau untuk artis lainnya yg baru tahu kalau suka nulis itu Happy Salma sih. Salut euy sama mereka yg punya banyak kesibukan tp masih sempat baca dan nulis karya.

    BalasHapus
  12. Kalo aku sich suka sama Fiersa Besari, karya-karyanya bisa langsung kita nikmati.

    BalasHapus
  13. Salut banget sama para artis yang bisa mengurai isi pikiran mereka dalam bentuk tulisan. Aku baru tau Happy Salma. Beliau yang nikah di Bali itu kan yaa..
    Hidup bahagia bukan hanya untuk dirinya, tetapi juga berbagi isi pikiran untuk banyak orang dan menyebarkan virus literasi. Kece banget sii..

    Yang aku penasaran, bukunya Natasha Rizky.
    Kalau dengerin podcast dan beberapa blurb bukunya, terasa kompleks banget.
    Orang sering mengira kalau itu curhatan beliau in realyfe.

    BalasHapus
  14. favorit aku dari dulu Mbak Dee. langsung jatuh cinta waktu pertama kali baca Filosofi Kopi, dan akhirnya baca buku-buku lainnya

    BalasHapus

Mohon maaf, komentar dengan link hidup akan saya hapus. Thanks.